.

15 November 2019

RUMAH BUNGA NEISHA - Cara Menanam Baby Tears



Cara Menanam Baby Tears

Tanaman baby tears memang belum terlalu populer. Tapi tanaman yang masih masuk keluarga sukulen ini cakep banget dan layak masuk dalam wish list tanaman yang bisa dijadikan penghias rumah.

Ukurannya yang mungil, membuat tanaman ini cocok diberikan cover pot keramik atau pot-pot vitage yang unik.

Tanaman ini juga bisa jadi pengisi terarium disandingkan fitonia dan tanaman mungil lain.

Nah, bagi yang penasaran pengen menanam baby tears, simak yuk sejumlah langkah saat akan menanam baby tears.


1. Gunakan Stek Batang
Tanaman ini sangat mudah diperbanyak. Awalnya saya hanya membeli satu pot baby's tears namun sekarang sudah menjadi beberapa pot. Cara memperbanyaknya adalah dengan mematahkan batang-batang tanaman dan ditanam di pot yang lain.

2. Media Tanam Porous
Tanaman yang masuk dalam keluarga sukulen ini tak terlalu suka air. Jadi, media tanam yang digunakan haruslah yang porous alias nggak menyimpan air hingga menggenang. Sekam bakar dicampur kompos dan cocopeat bisa jadi alternatif pilihan.

3. Pastikan cukup cahaya
Tanaman ini sepertinya sangat nyaman di tempat dengan pencahayaan yang cukup. Tak terlalu panas tapi tak terlalu teduh juga. Misalnya saja digantung di area kanopi, di teras atau bisa juga jadi indoor plant dengan sesekali tetap dikeluarkan agar mendapat sinar matahari cukup.

4. Siram saat Butuh Air
Dengan batang yang berlendir dan mengandung air, tanaman ini sepertinya tak terlalu suka dengan air yang melimpah. Jadi, sebaiknya menyiram saat tanaman butuh air saja. Saat kebanyakan air, tanaman akan lebih rentan busuk.

5. Pupuk Secara Rutin
Berikan pupuk secara rutin bisa menggunakan NPK atau pupuk daun. Minimal dua minggu sekali. Pupuk akan membuat tanaman lebih hijau, subur dan tahan terhadap penyakit.

6. Hama
Sepanjang yang saya tahu, musuh tanaman ini adalah kutu putih dan jamur yang akan membuat batang busuk. Untuk mengatasi kutu putih bisa menggunakan insektisida sedangkan untuk jamur bisa pakai insektisida.


Nah, sekian dulu sharing saya tentang baby's tears. Kalau ada masukan atau sharing cara merawat tanaman ini, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda