.

06 November 2019

RUMAH BUNGA NEISHA - Cara Menanam Bunga Morning Glory


Cara Menanam Bunga Morning Glory

Morning Glory merupakan tanaman merambat yang memiliki berbagai warna yang cantik.
Mekar di pagi hari, tanaman ini bisa dijadikan penutup pergola atau dijadikan pagar hidup.

Tanaman ini sangat mudah ditanam menggunakan biji yang muncul dari bunganya.

Nah, berikut ini, cara mudah menanam morning glory ala Rumah Bunga Neisha:



1. Tanam pakai biji



Menanam dari biji adalah cara yang paling mudah untuk memiliki tanaman morning glory. Biji yang gampang tumbuh, membuat tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tanam.

Caranya, cukup tanam biji dalam media tanam siap pakai atau bisa juga campuran, tanah hitam dan kompos atau pupuk kandang, dalam beberapa hari biasanya tanaman ini akan tumbuh.

Saya biasanya menanam langsung di dalam pot besar agar tak perlu memindahkan tanaman lagi setelah tumbuh.

Namun, pastikan pot tersebut memiliki saluran air yang baik agar air tak menggenang yang bisa memicu jamur.

2. Pastikan cukup sinar matahari
Tanaman ini termasuk tanaman sunloving alias penyuka sinar matahari. Jadi, menempatkan tanaman pada area yang terkena sinar matahari terutama matahari pagi, bisa menjadi pilihan paling pas agar morning glory tumbuh subur.

3. Berikan 'tempat' pegangan
Karena tanaman ini jenis tanaman merambat, maka dibutuhkan kawat atau besi atau turus sebagai tempat mereka merambat ke atas. Jika tanpa pegangan, tanaman akan menjalar kemana-mana sehingga terlihat menyemak dan kurang cantik dilihat. Kalaupun akan dibikin menjalar di tanah sebagai ground cover harus tetap ditata seapik mungkin agar terlihat rapi.

4. Siram secara rutin
Tanaman ini harus disiram minimal sehari sekali jika ditanam di dalam pot. Lain halnya jika tanaman ditanam langsung dalam tanah mungkin masih akan tahan jika tak disiram beberapa hari.
Tanda tanaman butuh air adalah daun-daun tanaman akan terlihat layu. Setelah disiram biasanya akan segar kembali.

5. Pupuk rutin pakai NPK
Hampir semua tanaman bunga saya di rumah, saya hanya menggunakan NPK saja. Selain murah meriah, khasiat NPK juga sangat cepat terlihat.

Kalaupun kadang menambahkan pupuk daun atau ZPT, biasanya akan dijadikan selingan saja. Misalnya habis perawatan anggrek dan masih ada sisa, biasanya saya semprot ke tanaman lain.

6. Atasi hama
Hama yang biasa menyerang morning glory antara lain, kutu putih, aphids, spider mits atau ulat. Untuk hama jenis hewan begini saya biasa mengatasinya dengan cara menyemprotkan pembunuh hama

Selain itu, penyakit lain pada morning glory adalah jamur ataupun fusarium. Cara mengatasinya bisa menggunakan fungsida dan memastikan area tanaman cukup angin, dan sinar matahari.
Sebab, area yang terlalu sesak dan kurang sinar biasanya akan memicu jamur.
***

Meskipun kesannya ribet, tapi sebenarnya menanam morning glory ini sangatlah mudah. Nah, gardener yang pernah tanam morning glory bisa dong di-share pengalamannya. Silahkan tinggalkan komentar Anda. (*)


Salam Berkebun
Rumah Bunga Neisha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir, silahkan tinggalkan komentar Anda